SERVICE ALAT BERAT KONSTRUKSI SERVICE ALAT BERAT PERTAMBANGAN SERVICE ALAT BERAT PERKEBUNAN SERVICE ALAT BERAT BERKALA SERVICE ALAT BERAT ANDA AGAR AWET
Menu
Model
Beranda » Engine » Cara Memperbaiki Mesin Alat Berat Panas

Cara Memperbaiki Mesin Alat Berat Panas

Dipublish pada 13 April 2020 | Dilihat sebanyak 153 kali | Kategori: Engine

 

Penyebab Mesin Mudah Overheat Dan Solusi Untuk Mengatasinya, Serta Tips Dalam Merawat Alat-Alat Berat Dalam Industri

Untuk Anda yang familiar dengan alat-alat berat, maka menemukan mesin yang cepat panas juga merupakan salah satu ciri yang lazim ditemukan pada mesin yang berteknologi modern. Mesin yang cepat panas biasanya mengalami proses panas yang lumayan cepat hingga sampai pada titik temperatur kerja atau sering disebut dengan overheat. Adanya overheat juga menandakan bahwa ada suatu hal yang tidak normal pada suatu sistem pendingin mesin. Tentunya ada beberapa hal yang menyebabkan mesin pada alat berat menjadi overheat. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan mesin pada alat berat menjadi overheat dan cara memperbaiki mesin alat berat panas.

Penyebab Mesin Mudah Overheat Dan Bagaimana Mengatasinya

  • Temperature Gauge Rusak

Biasanya jika temperature gauge terjadi kerusakan, maka temperaturnya juga tidak akan menunjukkan angka temperatur yang sebenarnya. Nah, apabila temperature gauge saat itu menunjukkan ke angka temperatur yang sangat panas, namun dengan yang lainnya masih normal maka segeralah Anda ganti dengan temperatur gauge yang memiliki kondisi yang masih baik maupun memeriksa pada cooling system dengan menggunakan 4C6500 digital thermometer group.

  • Air Pendingin Kurang (Terlalu Rendah Levelnya)

Masalah ini biasanya sering terjadi pada alat-alat berat yang cepat panas. Dalam hal ini apabila air pendingin menjadi kurang maka tentunya aliran air pendingin yang ada pada engine serta radiator juga menjadi berubah atau tidak lancar serta tidak mampu dalam hal menyedot panas dengan tenaga yang maksimal (maximum) dari suatu engine untuk segera didinginkan dalam radiator. Biasanya kurangnya air pendingin juga bisa dikarenakan adanya kebocoran maupun kesalahan pada pengisian radiator. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara ketika engins sedang dingin, maka pastikan bahwa air bisa terlihat di bagian bawah pada leher tube pengisi radiator.

  • Hose Rusak

Jika Anda menemukan sebuah kerusakan pada hose, biasanya kerusakan tersebut dapat mengakibatkan kebocoran yang sangat mudah sekali untuk dilihat. Nah, jika terjadi suatu kerusakan yang tidak dapat dilihat dengan mata ketika beroperasi, maka hal ini tentunya akan dapat menghambat aliran pada coolant. Contohnya hose akan berubah menjadi lunak, maupun retak jika sudah terlalu lama dipakai. Jika pergantian hose melebihi waktu yang sudah sebelumnya ditentukan, maka biasanya bagian dari dalam hose juga dapat lepas serta dapat menghambat aliran pada coolant.

  • Radiator Kotor

Jika Anda menemukan masalah pada radiator mesin Anda yang sangat kotor, maka bisa Anda cek terlebih dahulu pada fins antara radiator core dengan kotoran ataupun ranting yang biasanya menghalangi aliran udara. Anda bisa memeriksa dan membersihkan mesin radiator yang terkena kotoran. Anda pun bisa mulai untuk mengerak pada bagian dalam core radiator yang biasanya juga menghambat aliran coolant yang ada di radiator core.

  • Water Pump Rusak

Jika water pump mengalami kekendoran pada impellernya, maka water pump juga tidak akan memiliki tenaga yang cukup kuat dalam hal memompa coolant. Untuk dapat melihat kendornya impeller water pump, Anda bisa mengeceknya dengan cara melepas water pump serta kemudian menekan shaft dan juga menariknya kembali. Nah, apabila Anda tidak menemukan adanya kerusakan pada impeller maka Anda pun bisa memeriksa nya pada celah (clearance) impeller.

  • Thermostat ( Water Temperatur Regulator) Rusak

Apabila regulator tidak dapat berjalan normal alias tidak mampu terbuka maupun hanya dapat terbuka dengan sedikit, maka hal ini tentunya akan dapat mengakibatkan panas diatas normal. Dari masalah ini, Anda bisa memulai untuk melihat Testing and Adjusting dalam melakukan sebuah prosedur pada pengetesan water temperature regulator.

  • Terdapat Udara Di Dalam Cooling System

Biasanya udara bisa masuk ke dalam suatu cooling system dengan berbagai cara yang berbeda, hal ini pada umumnya disebabkan oleh pengisian cooling system yang salah serta terjadi kebocoran pembakaran yang ada di dalam system. Biasanya udara tersebut dapat masuk ke dalam system melalui suatu keretakan yang terjadi di dalam maupun dikarenakan oleh gasket cylinder head yang sudah rusak. Bahkan udara yang masuk pada cooling system juga bisa menyebabkan terhambatnya pada aliran coolant serta membuatnya menjadi bergelembung pada suatu coolant. Nah, jika Air Bubble tertahan pada bagian saluran coolant, maka hal ini akan menyebabkan terhambatnya aliran panas di dalam coolant. Biasanya udara yang ada pada cooling system bisa dengan mudah ditemukan dengan menggunakan bottle test. Dan Anda pun bisa menggunakan sebuah alat yang bernama pint bottle untuk melakukan test ini.

  • Belt Kendor

Jika terjadi kekendoran pada suatu fan ataupun gear pada penggerak water pump, maka hal ini akan dapat mengakibatkan berkurangnya aliran air ataupun udara. Anda bisa mulai mengencangkan belt yang sesuai dengan aturan belt tention chart yang biasanya ditunjukkan pada specification modul.

Itulah beberapa alasan yang menyebabkan mengapa mesin pada alat berat menjadi lebih cepat panas dan bagaimana cara memperbaiki mesin alat berat panas. Pastikan untuk menerapkan keseluruhan solusi tersebut agar mesin pada alat berat Anda tidak cepat panas saat beroperasi.

Tips Merawat Serta Menjaga Alat Berat

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat serta menjaga alat-alat berat yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat serta menjaga alat-alat berat tersebut:

  • Periksa Alat-Alat Berat Secara Rutin

Keberadaan pemeriksaan rutin pada fungsi serta kondisi pada keseluruhan alat-alat berat memanglah dapat membantu Anda dalam menjaga keberlangsungan serta kesinambungan mengenai kinerja pada standar peralatan alat berat yang Anda miliki. Jika pemeliharaan dan perawatan serta perbaikan darurat tidak terjadwal dengan baik, maka biasanya akan terjadi banyak kesalahan yang disebabkan oleh manusia dalam melakukan perawatan serta perbaikan tersebut. Bahkan jika dikutip dari OSHA (Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja), hal ini dilaporkan bahwa sebanyak 20% kecelakaan yang terjadi di industri biasanya terjadi karena operasi pemeliharaan, serta ada 15% kasus yang menyebabkan kematian pekerja. Dari hal ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah pencegahan yang memang diperlukan dalam industri Anda. Anda pun tidak hanya bisa memastikan masa pakai alat berat, namun Anda juga bisa tetap menjaga supaya operator pun tetap aman.

  • Pergunakan Alat Yang Tepat Untuk Setiap Jenis Pekerjaan

Pertimbangkan untuk selalu menggunakan alat-alat berat Anda yang sesuai dengan beban tugas yang sedang dikerjakan. Bahkan Anda pun juga perlu mempertimbangkan beberapa variable misalnya komposisi material, medan, serta efek unsur iklim dan sebagainya. Pastikan juga bahwa keseluruhan lampiran serta aksesori unit seperti Roda dan Bucket memang dibuat secara khusus untuk mesin yang Anda miliki. Anda pun juga harus memastikan keselamatan operator yang memang mengoperasikan alat-alat berat yang Anda miliki. Lakukan pemeriksaan serta pengecekan berulang kali pada keseluruhan mesin serta lampiran sebelum memutuskan untuk menggunakannya saat bekerja di lapangan. Pada saat melakukan penggantian pada komponen, pastikan juga bahwa kualitasnya serta ukurannya memang tepat untuk digunakan. Selain itu, pastikan juga bahwa komponen tersebut juga memiliki kualitas bantalan beban yang bagus serta tepat untuk digunakan pada mesin Anda.

  • Jangan Terlalu Melebihi Batas Kerja Mesin

Pastikan bahwa Anda tidak menggunakan alat-alat berat yang melebihi spesifikasi serta batas-batas kinerja yang biasanya diatur menurut jenis peralatan Anda. Hal ini bisa Anda temukan informasinya melalui buku panduan manual ataupun dari operator Anda. Dalam suatu bisnis industri, biasanya alat-alat berat memang juga menjadi kebutuhan pokok, sehingga efisiensi serta keefektifan alat tersebut juga menjadi kunci dalam hal meningkatkan kinerja yang optimal serta memberikan hasil yang tentunya berkualitas dalam usaha industri Anda. Dengan demikian, memahami serta mematuhi adanya batasan-batasan pada alat-alat berat tersebut memanglah sangatlah penting sekali. Anda bisa mengetahui batasan tersebut dari muatannya serta kemiringan untuk transit, dimana hal ini juga merupakan cara mudah dalam menjaga alat-alat berat yang Anda miliki saat digunakan untuk bekerja. Beberapa alat berat yang sudah modern memang sering diprogram ke dalam beberapa mode daya. Dengan demikian, para operator pun juga harus mampu untuk memastikan bahwa alat tersebut juga telah diatur ke dalam mode daya yang sudah tepat dalam menjalankan tugas yang akan dihadapi.

Simpan Alat-Alat Berat Di Tempat Yang Sesuai

Faktor penting dalam memelihara alat berat memang tidak hanya terletak pada pemeriksaan serta perawatan yang rutin. Namun, hal ini juga dapat ditunjang dengan cara mencegah adanya kerusakan yang timbul pada alat-alat berat yang Anda miliki. Pastikan bahwa Anda menyimpan alat-alat berat tersebut dengan prosedur yang benar serta tepat. Dengan demikian, Anda pun bisa menyimpan alat tersebut dengan baik sehingga dapat berfungsi dengan baik dan dapat bekerja secara aman serta optimal saat digunakan. Pastikan bahwa keseluruhan mesin besar yang Anda miliki juga disimpan pada tempat atau area yang tertutup. Untuk area atau tempat yang digunakan untuk menyimpan juga haruslah bebas kelembaban serta memiliki kontrol lingkungan yang baik apabila diperlukan. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam menyelamatkan keseluruhan alat-alat berat yang Anda miliki. Bahkan alat-alat Anda pun juga akan aman dari adanya bahaya air yang tentunya dapat mengakibatkan korosi serta karat, dan hal ini pun juga akan melindungi peralatan Anda dari adanya paparan sinar matahari secara langsung.

Pengetahuan Adalah Kekuatan

Untuk dapat menjalankan alat-alat berat dengan baik, maka Anda pun juga perlu melatih orang yang mengoperasikan alat tersebut. Sehingga hal ini pun akan dapat mencegah adanya kecelakaan ataupun dalam meminimalkan resiko kecelakaan. Bahkan Anda pun juga harus memastikan bahwa orang tersebut juga sudah dilatih dengan baik mengenai keseluruhan bagian pada mesin-mesin alat berat yang Anda miliki. Mungkin untuk beberapa mesin memang hanya membutuhkan instruksi secara langsung yang sederhana. Namun, untuk beberapa mesin yang lain memanglah harus berpedoman manual pemilik ataupun operator yang menggunakannya serta melalui panduan resmi yang lainnya serta berkaitan dengan industri yang relevan dengan industri yang Anda miliki.

Penjelasan diatas merupakan penyebab dari adanya mesin yang mudah overheat serta cara memperbaiki mesin alat berat panas dan bagaimana tips untuk merawat alat-alat berat yang Anda miliki pada bisnis industri Anda. Pastikan juga untuk melakukan perawatan serta pemeriksaan alat berat secara berkala, sehingga alat-alat berat yang Anda miliki pun juga akan tetap terawat serta lebih awet.

 

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Cara memperbaiki hidrolik alat berat

Dipublish pada 12 April 2020 | Dilihat sebanyak 173 kali | Kategori: Hydraulic

Sistem Hidrolik Alat Berat Dan Cara Memperbaiki Hidrolik Alat Berat Alat berat merupakan alat dalam bidang konstruksi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih singkat. Akan tetapi alat berat yang digunakan dengan cara yang tidak tepat dan tidak sesuai... selengkapnya

Pelayanan jasa untuk perbaikan seluruhan jenis alat berat

Dipublish pada 1 April 2020 | Dilihat sebanyak 150 kali | Kategori: service alat berat

    PT ALIF KHADAFI INDONESIA ¬†mampu memberikan pelayanan jasa ¬†untuk perbaikan keseluruhan mesin alat berat anda yang rusak & rumit untuk di perbaiki PT ALIF KHADAFI INDONESIA lah solusi untuk menangani semua jenis alat berat dan aneka brand /... selengkapnya

heavy equipment repair shop

Dipublish pada 13 April 2020 | Dilihat sebanyak 177 kali | Kategori: service alat berat

All the Things the Construction Companies Should Know before Sending Heavy Machines to the Heavy Equipment Repair Shop Heavy equipment is one of the most important things in the construction industry. Any problem with the heavy equipment can disturb the... selengkapnya

Cheap Basketball Jerseys 
July 2020
F S S M T W T
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Pengunjung website