SERVICE ALAT BERAT KONSTRUKSI SERVICE ALAT BERAT PERTAMBANGAN SERVICE ALAT BERAT PERKEBUNAN SERVICE ALAT BERAT BERKALA SERVICE ALAT BERAT ANDA AGAR AWET
Menu
Model
Beranda » Transmisi » cara memperbaiki transmisi alat berat

cara memperbaiki transmisi alat berat

Dipublish pada 12 April 2020 | Dilihat sebanyak 173 kali | Kategori: Transmisi

Sebelum Memperbaiki Transmisi Alat Berat Forklift, Kenali Dulu 10 Penyebabnya!

Cara memperbaiki transmisi alat berat harus dilakukan oleh profesional, termasuk saat menangani forklift dengan transmisi otomatis. Kompleksnya sistem pada alat berat ini membutuhkan ketelitian tinggi. Jadi, Anda yang tak terlalu menguasai forklift sebaiknya menyerahkan penanganan transmisi otomatis pada bengkel profesional.

Mengetahui penyebab kerusakan transmisi

Di sisi lain, Anda sebaiknya mengenali sejumlah penyebab kerusakan transmisi pada forklift. Hal tersebut memudahkan Anda saat bertemu dengan pekerja bengkel untuk mengonsultasikan kendala yang dihadapi. Dengan begitu, mereka bisa langsung menangani sumber masalah.

Bagi Anda yang mempunyai atau menyewakan forklift, berikut sepuluh faktor penyebab yang dapat mengganggu kinerja transmisi otomatis pada alat berat tersebut.

  1. Berkurangnya volume oli

Berkurangnya volume oli adalah salah satu penyebab umum yang dijumpai teknisi sebelum menerapkan cara memperbaiki transmisi alat berat. Dalam hal ini, oli biasanya tak tersedot selang isap atau pipa, sehingga menyebabkan carging pump. Ketika kendala ini terjadi, forklift tak akan bisa Anda bawa maju maupun mundur.

    2.  Tersumbatnya saringan oli

Masih berhubungan dengan oli, saringan berperan penting dalam memisahkan kotoran dari oli supaya tak mengenai mesin. Akan tetapi, saringan oli yang jarang dibersihkan akan menyebabkan penumpukan kotoran yang berakhir dengan penyumbatan. Oli pun tak akan tersedot ke pompa maksimal gara-gara terhalang.

   3. Kebocoran pada pipa atau selang isap

Kebocoran yang terjadi di pipa atau selang isap akan membuat pompa mengisap oli serta udara terlalu lama. Dalam sejumlah pemeriksaan sebelum cara memperbaiki transmisi alat berat, pompa malah hanya menyedot udara dalam jumlah besar. Hal tersebut yang biasanya menyebabkan pompa tak mendapatkan asupan cairan yang memadai.

4.Pedal kopling yang terus menekan

Meski jarang terjadi, faktor ini patut Anda waspadai karena bisa mengindikasikan kerusakan pada transmisi forklift. Masalah umumnya ditemukan saat Anda melepaskan kaki dari pedal. Ketika pedal kopling macet dan terus menekan, oli pun tak akan sampai ke piston dan beralih ke tangki yang nantinya diisap kembali oleh pompa.

   5. Aus dan kerusakan pada carging pump

Cara memperbaiki transmisi alat berat selanjutnya berkaitan dengan keausan dan kerusakan pada carging pump. Komponen tersebut bertugas mengisap oli pada transmisi, lalu memompanya untuk mendorong kanvas kopling. Ketika carging pump aus atau rusak, tekanan akan berkurang drastis atau malah tak ada sama sekali.

  6. Kebocoran pada ring di piston dan shaft input

Seperti masalah pada oli, kebocoran ring di piston dan shaft input umum ditemukan. Komponen ini berfungsi menahan tekanan oli, sehingga piston dapat mendorong kanvas kopling secara maksimal. Kebocoran pada ring akan mengurangi dorongan pada piston dan merenggangkan kanvas kopling. Akibatnya, kanvas akan bergesekan dengan plat dan berakhir pada kerusakan.

     7. Keausan pada plat dan kanvas kopling

Teknisi yang sedang melakukan cara memperbaiki transmisi alat berat tak jarang mendapatkan kanvas kopling dan plat yang sudah aus. Kedua komponen tersebut menyambung putaran yang berasal dari mesin untuk diteruskan ke roda. Jika kanvas kopling dan plat sudah aus, maka putaran tersebut tak akan sampai ke roda.

8.Kerusakan pada selenoid dan kelistrikan

Selenoid dan kelistrikan mempunyai peran sebagai keran yang mengendalikan aliran oli dari pompa ke piston. Cara memperbaiki transmisi alat berat pada kedua bagian ini harus dilakukan hati-hati. Pasalnya, saat kelistrikan dan selenoid bermasalah sampai rusak, pengiriman tekanan oli yang berasal pompa pun akan turut terhambat.

   9. Keausan pada valve kontrol (spool, piston, dan per)

Komponen berikutnya yang dapat menyebabkan gangguan pada transmisi otomatis forklift adalah valve kontrol. Jika bagian ini sudah aus, terutama pada spool, per, dan piston, maka bisa dipastikan alat berat akan kesulitan maju atau mundur. Oleh karena itu, baik Anda maupun teknisi sebaiknya memeriksa bagian ini untuk mengetahui kondisinya.

   10. Converter sudah melemah atu rusak

Terakhir ada converter yang walau jarang mengalami kerusakan tetap berpotensi mengacaukan fungsi transmisi otomatis pada forklift. Tanpa pemeriksaan berkala, cara memperbaiki transmisi alat berat pun akan lebih sulit. Converter sendiri merupakan komponen yang mentransfer tenaga putaran mesin ke transmisi otomatis pada forklift.

Mencari bengkel tepercaya untuk menangani transmisi bermasalah

Seperti yang disinggung, mempercayakan bengkel profesional untuk menangani transmisi forklift adalah langkah tepat bagi Anda yang tak tahu seluk-beluk alat berat.

Forklift merupakan jenis alat berat dengan dua garpu yang bertugas mengangkat pallet. Garpu sebagai komponen alat berat ini biasanya kompatibel dengan sebagai besar pallet yang tersedia di pasaran. Bahan bakar yang digunakan untuk forklift terbilang beragam, dari bensin, gas, bahan bakar solar, sampai baterai. Forklift dengan baterai biasanya dipakai di dalam ruangan, sementara yang menggunakan bahan bakar solar atau bensin lebih cocok untuk luar ruangan.

Dengan mengetahui karakteristik forkliftcara memperbaiki transmisi alat berat akan semakin cepat dan mudah. Untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan bengkel dengan teknisi terbaik, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cari informasi dari referensi tepercaya

Hampir semua jenis kendaraan maupun alat berat memiliki komunitas. Jadi, kalau Anda mau langsung dapat referensi terbaik, sebaiknya cari komunitas forklift di forum-forum online atau dari teman yang menggeluti bidang tersebut. Di sana biasanya ada daftar bengkel yang bisa Anda jadikan sebagai panduan pencarian.

Kemudian, cari juga bengkel ‘nakal’ yang ketahuan asal menerapkan cara memperbaiki transmisi alat berat. Dengan begitu, Anda akan lebih hati-hati dan bisa mengingatkan orang lain.

     2. Paparkan masalah atau kendala secara spesifik

Sudah mengumpulkan referensi bengkel tepercaya? Lanjutkan dengan menjelaskan masalah atau kendala yang terjadi pada transmisi alat berat. Inilah alasan Anda harus mengetahui faktor penyebab seperti yang dipaparkan dalam daftar di atas. Dari sini, Anda bisa lebih mudah memaparkan gangguan pada teknisi atau mekanik di bengkel sebelum membawa mereka ke tempat forklift.

Jika Anda kurang memahami istilah untuk mendeskripsikan masalah, foto bagian-bagian transmisi yang rusak. Tunjukkan pada staf bengkel untuk mendapatkan cara memperbaiki tranmisi alat berat.

  3.  Tentukan prioritas yang perlu diperbaiki

Langkah ini disarankan untuk menekan pengeluaran yang dianggarkan. Periksa lagi forklift Anda, apakah alat berat tersebut benar-benar memerlukan perbaikan atau sekadar pemeliharaan? Dengan memprioritaskan hal tersebut, Anda bisa mengatur bujet apabila jumlahnya terbatas dan hanya memungkinkan satu jenis layanan.

Bengkel perbaikan ringan biasanya menyertakan perawatan dan cocok bagi Anda yang ingin dapat dua servis tanpa menganggarkan biaya berlebihan.

  4. Menanyakan diagnosis awal dari bengkel

Jangan sungkan menanyakan ‘diagnosis’ awal kepada pihak bengkel. Kenali benar-benar faktor penyebab pada transmisi forklift supaya cara memperbaiki transmisi alat berat yang dilakukan minim kesalahan. Selain itu, Anda juga akan lebih mengenal karakter forklift dan bisa mengidentifikasikan gangguan di kemudian hari sebelum semakin parah.

Anda juga harus bersabar saat hanya bisa memilih salah satu servis terlebih dulu. Forklift mungkin tak akan langsung dipakai, tetapi setidaknya Anda bisa memulihkannya pelan-pelan.

   5. Jaga komunikasi dengan anggota forum

Apakah daftar bengkel yang direkomendasikan beberapa anggota forum ternyata belum memenuhi ekspektasi Anda? Jangan kecewa dulu. Simpan informasi seperti nama bengkel, alamat, dan kontak yang dapat dihubungi. Siapa tahu Anda membutuhkan layanan yang mereka sediakan meski tak selalu berkaitan dengan transmisi forklift.

Jangan ragu juga untuk berbagi tip dan kiat dalam cara memperbaiki transmisi alat berat kalau Anda menguasainya untuk menguatkan hubungan dengan anggota forum.

Kunjungan ke bengkel secara berkala membawa beberapa manfaat selain perawatan dan perbaikan. Misalnya saja potongan harga untuk pelanggan dan garansi yang bisa digunakan pada kesempatan tertentu. After sales setelah pemberian layanan juga perlu diperhatikan supaya Anda mendapat lebih banyak benefit dari bengkel tersebut.

Pemeliharaan mandiri untuk memperpanjang usia forklift

Ada cara lain yang dapat membantu Anda memperpanjang usia forklift dengan transmisi otomatis, yakni melakukan pemeliharaan mandiri. Beberapa langkah perawatan yang bisa Anda jadwalkan di antaranya:

  • Cek komponen forklift sebelum dipakai

Seperti teknisi sebelum menerapkan cara memperbaiki transmisi alat berat, Anda juga sebaiknya rutin memeriksa komponen forklift sebelum mengoperasikannya. Langkah ini bisa menyelamatkan Anda dari risiko kecelakaan akibat kebocoran pada selang maupun rem yang goyang. Gunakan daftar periksa yang akan memudahkan Anda supaya tak ada bagian yang terlewat.

  • Ikuti maintenance sesuai prosedur pabrik

Masing-masing pabrik biasanya mempunyai prosedur maintenance yang bisa diikuti untuk memudahkan Anda mengatasi masalah. Contohnya, pemeriksaan mendalam setelah tiga bulan pemakaian atau jangka waktu tertentu (misalnya dalam hitungan jam). Prosedur pun bisa mencakup penggantian oli, filter ban, busi, perbaikan rem, dan kondisi tak terduga lainnya.

  • Memeriksa kondisi ban forklift secara berkala

Selain mengetahui cara memperbaiki transmisi alat berat, teknisi bengkel juga kerap menagani ban forklift. Anda bisa mencegah kerusakan dengan memeriksa kondisi ban sebelum membawanya ke tempat proyek. Ban kempis, bocor, hingga kehilangan tapak akan membuat forklift sulit meluncur di jalan, apalagi kalau Anda melewatkan pemeriksaan tekanan udara.

  • Cuci fokrlift setidaknya seminggu sekali

Seperti kendaraan biasa, alat berat seperti forklift harus dibersihkan secara berkala. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang tersembunyi di bagian-bagian vital. Kalau dibiarkan, penumpukan kotoran berpotensi menyumbat sejumlah komponen, termasuk transmisi. Dengan demikian, Anda bisa memantau performa alat berat secara teratur.

  • Tangani masalah kecil secepat mungkin

Jangan tunda waktu membawa forklift ke bengkel untuk mendapatkan cara memperbaiki transmisi alat berat. Sekecil apa pun masalahnya, pastikan Anda segera berkonsultasi dengan teknisi bengkel langganan. Memaksakan diri menggunakan forklift saat performanya kurang stabil berisiko memicu kecelakaan atau kemungkinan buruk lainnya di tempat proyek.

  • Mempercayakan maintenance kepada tenaga ahli

Sekarang ini sudah tak sulit bagi Anda menemukan bengkel maintenance untuk forklift yang tengah bermasalah. Namun, Anda tetap harus memastikan reputasi teknisi dan staf yang memberi layanan, karena akan berpengaruh pada alat berat yang diurus. Ketika sudah menemukan yang sesuai, Anda percayakan sepenuhnya pada mereka.

Demikian hal-hal yang harus diperhatikan agar cara memperbaiki transmisi alat berat untuk forklift dapat maksimal. Semoga bermanfaat!

semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Penulis  PT ALIF KHADAFI INDONESIA.

http://servicealatberat.com/

 

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Cara memperbaiki hidrolik alat berat

Dipublish pada 12 April 2020 | Dilihat sebanyak 173 kali | Kategori: Hydraulic

Sistem Hidrolik Alat Berat Dan Cara Memperbaiki Hidrolik Alat Berat Alat berat merupakan alat dalam bidang konstruksi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih singkat. Akan tetapi alat berat yang digunakan dengan cara yang tidak tepat dan tidak sesuai... selengkapnya

cara memperbaiki transmisi alat berat

Dipublish pada 12 April 2020 | Dilihat sebanyak 173 kali | Kategori: Transmisi

Sebelum Memperbaiki Transmisi Alat Berat Forklift, Kenali Dulu 10 Penyebabnya! Cara memperbaiki transmisi alat berat harus dilakukan oleh profesional, termasuk saat menangani forklift dengan transmisi otomatis. Kompleksnya sistem pada alat berat ini membutuhkan ketelitian tinggi. Jadi, Anda yang tak terlalu menguasai forklift sebaiknya menyerahkan penanganan transmisi otomatis... selengkapnya

Undercarriage Maintenance Tips Important for Heavy Equipment

Dipublish pada 8 April 2020 | Dilihat sebanyak 138 kali | Kategori: service alat berat

    The state of a machine’s undercarriage has significant effects on its performance and lifespan. An undercarriage that’s well cared for helps maximize power, stability, and safety while minimizing the operational expenses of the heavy equipment over the course... selengkapnya

Cheap Basketball Jerseys 
July 2020
F S S M T W T
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Pengunjung website